Sabtu, 01 November 2008

Tugas

Carilah diinternet tentang JAWABAN soal-soal dibawah ini :

1. HADRWARE-HADWARE JARINGAN DAN PENGERTIANNYA

2. Pengertian wi FI dan keamanannya serta keuntungannya

3. SEPULUH MANFAAT JARINGAN INTERNET

4. Pengertian Bridge, router, TCP/IP, HUB, switch

5. PENEGERTIAN LAN, MAN WAN, SAN

JAWABAN

1.-Router : Router, digunakan untuk menyambung 2 jaringan yg berbeda. Sebagai
contohnya, untuk menyambungkan antara LAN dengan Internet diperlukan adanya router
sebagai jembatan dari 2 jaringan tersebut.
-Gateway : Gerbang penantian menuju internet.
-Firewall : Biasanya dipasang diantara internet dan router. Firewall berfungsi
sebagai tembok keamanan untuk jaringan dalam [ LAN ]. Didalamnya biasanya terdapat
fasilitas, firewall, logging, snort. etc.
-Smoothwall adalah distro linux khusus yang didesain untuk menangani masalah router,
firewall, dan gateway.
-Switch : Biasanya switch banyak digunakan untuk jaringan LAN token star.
-Hub : Sama seperti switch, tetapi perbedaannya adalah hub tidak memiliki faslitas
routing.
(http://www.ilmuwebsite.com/detil_jaringan/1/Se)

2.-Wi-Fi (atau Wi-fi, WiFi, Wifi, wifi) merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.(http://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi)

-Terdapat beberapa jenis pengaturan keamanan jaringan Wi-fi, antara lain:

1. WPA Pre-Shared Key
2. WPA RADIUS
3. WPA2 Pre-Shared Key Mixed
4. WPA2 RADIUS Mixed
5. RADIUS
6. WEP

(http://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi)

-Keuntungan dari sistem WIFI adalah pemakai tidak dibatasi ruang gerak dan hanya dibatasi pada jarak jangkauan dari satu titik pemancar WIFI. Untuk jarak pada sistem WIFI mampu menjangkau area 100feet atau 30M radius. (http://www.rampok.org/blog/archives/pengenalan-wifi-wireless-fidelity)

3. 10 manfaat internet:

-menghemat waktu

-sarana komunikasi

-dapat menjual/membeli barang yang kita inginkan

-reliabilitas tinggi

-dapat melakukan transaksi perbankan tanpa harus ke bank

-menghemat waktu

-menghemat biaya trasportasi

-dapat melakukan belanja jarak jauh

-menambah teman

-menambah ilmu pengetahuan

(http://misstriad.wordpress.com)

4.-Bridge jaringan adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI.(http://id.wikipedia.org/wiki/Bridge_jaringan)

-Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebaga irouting. (http://id.wikipedia.org/wiki/Router)

-TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. (http://id.wikipedia.org/wiki/TCP/IP)

-Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).(http://id.wikipedia.org/wiki/Switch_jaringan)

5.-Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.(http://id.wikipedia.org/wiki/Local_Area_Network)

-Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN.(http://id.wikipedia.org/wiki/MAN)

-WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. (http://id.wikipedia.org/wiki/WAN)

-Network-Attached Storage (NAS) device adalah sebuah sistem penyimpanan yang mempunyai tujuan khusus yaitu untuk diakses dari jauh melalui data network. (http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/SistemOperasi/BUKU/SistemOperasi-4.X-2/ch19s04.html)

Tidak ada komentar: